Cara Membersihkan Injektor Motor Sendiri Dengan Mudah

Cara Membersihkan Injektor Motor Sendiri Dengan Mudah | Pada motor dengan jenis sistem injeksi, injektor merupakan komponen yang memiliki fungsi sangat penting. Fungsi injektor tidak lain tidak bukan adalah untuk menyemprotkan dan juga mengabutkan bahan bakar ke mesin pembakaran. Bayangkan saja jika proses penyemprotan ini terganggu dan tidak maksimal maka efek yang ditimbulkan bisa mempengarui performa mesin Anda . Entah itu tersendat, tarikanya kurang atau yang parah mesin tidak bisa hidup alias mogok. Untuk itu, rajinlah untuk melakukan service di bengkel kesayangan anda. Tapi jika anda ingin membersihkan injektor ini sendiri dan ingin mencobanya, ada beberapa cara mudah untuk membersihakan injektor dilakukan dirumah. Berikut ini ada beberapa cara membersihkan injektor Anda sendiri di rumah :

Injektor Motor  

carbon cleaner
1. Menggunakan Carbon Cleaner
Cara yang paling praktis yaitu dengan menggunakan Carbon Cleaner seperti Yamalube Carbon Cleaner dan merk lainya. Hanya dengan mencampurkan cairan kimia tersebut ke tangki bensin Anda, kotoran yang ada di injektor akan hilang. Penggunaanya sangat mudah yakni tinggal dengan mencampurkan cairan tersebut dalam tangki yang berisi bensin sekitar 3,5 liter sampai 5 liter dan lakukan setiap 3000 km.

infus injektor 2. Menggunakan Infus
Saat ini banyak bengkel resmi yang menawarkan pembersihan injektor dengan cara infus. Prosesnya, menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar dan di injek menggunakan alat khusus seperti infus. Selang bahan bakar dilepas dan kemudian disambungkan dengan tabung khusus yang diisi carbon cleaner. Tabung infus tersebut diberi udara bertekanan dari kompresor untuk memasukan carbon cleaner ke mesin bakar. Mesin dihidupkan dengan digas. Cara ini hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit, sampai cairanya habis dan mesin akan mati dengan sendirinya. Metode yang ini bisa dilakukan setiap 10.000 km sekali.

Injector Clener 3. Menggunkan Injector Clener
Cara Membersihkan Injektor Motor yang terakhir ini memang agak ribet dan hanya bisa dilakukan di bengkel. Hal ini karena injektor harus dicopot dan kemudian dimasukan dalam sebuah alat bernama injector cleacer & tester. Setelah injektor dimasukan dalam alat tersebut, maka akan diketahui berapa debit atau tekanan injektor. Jika kurang dari standar maka kemungkinan bisa disebabkan injektor kotor. Jika kotor maka selanjutnya injektor akan direndam di cairan khusus dan diberi getaran ultrasonic untuk merontokan kotoran didalam injektor tesebut.

Cara Mudah Memasang Lampu HID Yang Aman Pada Motor

Demikianlah Cara Membersihkan Injektor Motor Sendiri Dengan Mudah. Kalau mau yang praktis dan bisa dilakukan dirumah maka bisa menggunakan cara yang pertama yaitu dengan carbon cleaner. Tapi jika mau yang hasilnya lebih maksimal dan kotoran dalam injektor benar-benar hilang semua bisa memilih cara kedua atau ketiga yang bisa dilakukan di bengkel kesayangan Anda.

0 Response to "Cara Membersihkan Injektor Motor Sendiri Dengan Mudah"

Post a Comment