Tips Cara Mengemudi Mobil Bagi Pemula Sampai Siap Jalan

Tips Cara Mengemudi Mobil Bagi Pemula Sampai Siap Jalan - Belajar menyetir atau Mengendarai atau mengemudi mobil sekarang ini memang sangat diperlukan bagi berbagai kalangan seperti anak muda, bapak-bapak dan ibu-ibu terutama bagi yang memiliki kesibukan dan harus menggunakan mobil sebagai alat transportasi utama. Seperti para pekerja kantoran, pekerja perusahaan, dan jika memang mereka berniat menjadi sopir. 

Sebenarnya, belajar mengemudi mobil itu tidak begitu sulit untuk dilakukan hanya saja Anda dituntut untuk memiliki rasa keberanian dan memang ada niat ingin bisa mengendarai atau menyetir mobil sendiri. Nah, Segala sesuatu pasti akan ada hasil kalau ada niat serta keyakinan dan keberanian yang sangat kuat pada diri kita sendiri, terutama belajar mengemudi mobil sendiri. Memang kebanyakan orang tidak bisa mengendarai atau menyetir mobil terutama kaum perempuan atau ibu-ibu, padahal mereka memiliki mobil pribadi sendiri yang siap pakai. Mengapa hal tersebut terjadi? Karena tingkat keberanian perempuan atau ibu-ibu terlalu rendah jika dibanding dengan kaum laki-laki. Padahal siapapun pasti bisa belajar mengemudi atau mengendarai mobil asalkan ada niat dan usaha serta keberanian yang kuat untuk bisa.
mengemudi mobil 


Sekarang pertanyaannya apakah saya bisa mengemudi atau mengendarai mobil sendiri? Pasti bisa, karena belajar mengemudi atau mengendarai mobil itu sebenarnya bisa lebih santai dibandingkan belajar mengendarai sepeda motor. Nah, Jika Anda ingin belajar mengemudi atau mengendarai mobil dengan baik dan benar silahkan Anda persiapkan mental dan keberanian yang kuat dan juga niat yang kuat untuk menjadi bisa. Jika persiapan mental dan keberanian serta niat yang kuat sudah tertanam di dalam diri Anda silahkan untuk mencoba beberapa tips dan langkah awal belajar mengemudi atau mengendarai mobil yang akan kami bagikan dibawah ini.

Cara Belajar Mengendarai Mobil Yang Benar Bagi Pemula :

1. Persiapan Awal
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan mental dan niat seperti yang saya ulas diatas. Serta silahkan cari orang yang memang sudah mahir mengemudi atau mengendarai mobil yang nantinya orang ini akan memandu anda ketika sedang belajar mengemudi atau mengendarai mobil. Jika mental serta niat anda sudah kuat, silahkan untuk memulai mengenali fitur-fitur yang ada pada mobil terlebih dahulu.

2. Mengenal Fitur-Fitur Pada Mobil
Kenali fitur pada mobil yang memang tugas seorang sopir nantinya seperti Stir, Memutar Kunci Kontak untuk starter, Pedal Gas, Pedal Rem, Pedal kopling, Tuas transmisi, Tuas Rem Tangan, Tuas lampu sein, Tuas Lampu Utama dan Senja, Tuas kipas air (Wiper), Tombol lampu darurat, dan lain sebagainya.

3. Melihat Kondisi
Jika semua fitur pada mobil sudah dikuasai, dan memang tugas sopir nantinya harus paham dengan fitur yang ada didalam kabin mobil tersebut. Silahkan cari lokasi yang luas dan aman seperti lapangan atau jalanan yang sepi pengendara, hal ini akan bertujuan mengurangi bahaya ketika anda sedang belajar mengemudi atau mengendarai mobil.

4. Konsentrasi Penuh
Ini awal yang paling menegangkan, yaitu ketika anda mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang telah mahir. Pastikan pikiran anda lebih tenang, Lebih relax dan konsentrasi penuh. Jika anda masih gemetaran silahkan tunggu hingga posisi anda lebih santai dan rilex.

5. Proses Penyalaan Mesin Mobil
Pastikan transmisi mobil dalam keadaan netral. Kemudian silahkan mulai memutar kunci kotak untuk melakukan starter pada mobil, setalah mesin mobil menyalah silahkan injak pedal kopling lebih dalam. Dengan tetap menekan pedal kopling silahkan untuk memasukkan gigi 1 pada tuas transmisi, untuk memasukan gigi satu yaitu dengan cara menarik tuas kearah depan dengan tangan kiri.
6. Proses Pemindahan Transmisi Pertama
Setelah gigi 1 masuk dan anda masih dalam keadaan menginjak pedal kopling silahkan untuk memulai menekan pedal gas perlahan dan dibarengi dengan mengangkat pedal kopling perlahan juga. Hal ini agar mobil anda tidak terkejut.

7. Proses Pelepasan Pedal Kopling
Setalah mobil berjalan dengan perlahan silahkan untuk melepas pedal kopling secara penuh, perhatian jangan terlalu tinggi menekan pedal gas. Dengan tetap konsentrasi penuh melihat kedepan mobil anda.

8. Proses Pemindahan Tansmisi Yang Kedua
Melakukan perubahan gigi dari gigi 1 ke dua, Silahkan injak kembali pedal kopling serta pedal gas sedikit dikurangi. Kemudian tarik tuas transmisi arah belakang secara lurus. Kalau sudah masuk gigi 2 Silahkan mengangkat pedal kopling secara perlahan serta dibarengi menekan pedal gas juga perlahan. Nah, untuk memindahkan gigi selanjutnya sama dengan cara memindahkan gigi 1 ke 2 tadi, hanya saja kalau dari gigi 2 ke 3 tarik tuas transmisi kedepan lagi agak serong ke kanan.

9. Proses Pengereman Atau Pemberhentian Mobil
Sendainya posisi transmisi mobil anda tadi pada gigi 3, Silahkan kurangi gigi mobil anda tadi dari 3 ke 2. Caranya sama seperti perpindahan dari gigi 2 ke 3. Kalau kecepatan mobil anda sudah berkurang silahkan berhenti dengan cara lepaskan pedal gas lalu pindahkan kaki kanan anda pada pedal rem, kemudian silahkan injak perlahan pedal rem dibarengi dengan menginjak pedal kopling dengan kaki kiri. Proses penginjakan pedal rem dan kopling harus penuh sehingga mobil anda akan berhenti. Kalau mobil anda sudah berhenti jangan lupa memindahkan tuas transmisi kembali keposisi netral, sebelum transmisi mobil anda berada pada posisi netral jangan melepas pedal rem dan kopling terlebih dahulu.
 
Demikian tadi Tips Cara Mengemudi Mobil Bagi Pemula Sampai Siap Jalan semoga Anda mengerti dan sgera mempraktekanya, jangan lupa berdoa sebelum memulai latihan agar latihan Anda diberi kemudahan dan cepat mahir mengendarai mobil sendiri. Semoga bermanfaat.
Catatan : Tips diatas adalah belajar mengemudi atau mengendarai mobil dengan transmisi manual alias bukan matic.

0 Response to "Tips Cara Mengemudi Mobil Bagi Pemula Sampai Siap Jalan"

Post a Comment