Tips Membeli Mobil Bekas yang Masih Bagus dan Terawat

Tips Membeli Mobil Bekas yang Masih Bagus dan Terawat - Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil bekas, tentu saja banyak hal yang sebaiknya Anda cermati beberapa hal terlebih dahulu, terlebih lagi jika mobil yang ingin dibeli adalah mobil bekas. Tentu perlakuannya akan berbeda dengan memilih sebuah mobil baru di showroom.
Cermati dalam memilih mobil bekas merupakan hal yang begitu penting bagi setiap calon konsumen agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tak mengenakan yang membuat Anda merasa galau di kemudian hari nantinya. Penjualan mobil bekas memang sangat berbeda dengan mobil baru.

showroom mobil bekas


Kalau mobil baru bisa dengan mudah Anda temukan di showroom yang berbadan usaha, mobil bekas bisa saja dimiliki oleh personal. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga ada sebagian oknum jahat pedagang yang mungkin saja berlaku tidak jujur kepada pembelinya, seperti misalnya menawarkan harga tinggi pada pembeli tetapi tidak memperhatikan kualitas mobil yang dijual.
Penjual mobil bekas yang telah berpengalaman tentunya memiliki kiat dan cara agar mobil dagangannya cepat terjual, oleh sebab itu pembeli harus cermat saat memilih sebuah mobil bekas sebelum dibeli yaitu dengan mengetahui secara detail kondisi mobil yang akan dibeli nantinya. Salah satu yang sering luput dari ketelitian pembeli yaitu sisi interior mobil.

Agar Anda mudah menjajaki detail mobil sebelum membelinya. Berikut ini adalah tips memilih mobil bekas yang bagus dan masih layak pakai yang harus Anda perhatikan :

1. Latar belakang mobil
Jika memungkinkan, cobalah untuk menelusuri asal-usul mobil tersebut dan cari tahu mengapa mobil tersebut dijual, apa sudah pernah tabrakan/kecelakaan, apa malah pernah terendam banjir, siapa pemilik sebelumnya dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengamatinya secara detail baik dari segi interior maupun eksteriornya.
2. Minta bantuan teman
Jika Anda kurang memahami mengenai mesin mobil, ada baiknya jika Anda mengundang seorang teman yang telah mengerti mesin untuk membantu Anda memilihkan sebuah mobil yang tepat dan masih layak.

3. Carilah mobil yang masih mulus
Sebaiknya carilah mobil yang berbody mulus, jangan mobil yang bekas tabrakan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak Anda inginkan di kemudian hari. Mobil bekas tabrakan biasanya akan memiliki banyak masalah. Adapun ciri-ciri mobil bekas tabrakan biasanya terlihat dari body mobil yang berdempul dan tidak mulus lagi seperti baru. Untuk mengeceknya gunakan sebuah magnet untuk melakukan pemeriksaan pada ketebalan dempul. Jika tidak gampang melekat itu artinya dempul masih tebal.
4. Lakukan test drive
Meskipun mobil bekas, harga mobil tetap saja berada di kisaran puluhan juta. Oleh karenanya Anda tetap harus cermat dalam memilih mobil bekas. Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, sebaiknya lakukan test drive terlebih dahulu agar Anda benar-benar yakin dan pasti sebelum membelinya. Mobil bekas yang masih bagus tentu memiliki suara mesin yang masih terdengar halus dengan bagian kaki-kaki dan suspensi yang masih terasa empuk dan nyaman. 

Tips Cara Mengemudi Mobil Bagi Pemula Sampai Siap Jalan

5. Cek jarak tempuh
Agar Anda terhindar dari mendapatkan mobil bekas pakai yang mungkin sebelumnya pernah dijadikan mobil rental atau sewaan, sebaiknya Anda periksa juga jarak tempuh kendaraan tersebut. Lihat dan amati jarak tempuh kendaraan tersebut apakah berbanding lurus dengan tahun pembuatan. Jika ternyata jarak tempuhnya tidak sesuai dengan tahun pembuatan mobil, maka Anda harus berpikir ulang sebelum membelinya. Pada umumnya, mobil milik pribadi menempuh jarak rata-rata sekitar 15-20 ribu kilometer tiap tahunnya. 
6. Cek panel dashboard dan lampu indikator
Mintalah penjual untuk menyalakan mesin mobil lalu cek semua fungsi panel dan lampu indikator yang terdapat pada dashboard mobil. Pastikan semua panel berfungsi dengan baik dan lampu indikator menyala sesuai dengan fungsinya masing-masing. 
7. Estimasi pengeluaran servis dan suku cadang
Tentunya selain Anda mesti mengeluarkan uang untuk membeli sebuah mobil bekas, Anda juga mesti melakukan kalkulasi dan estimasi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk servis. Oleh sebab itu jika Anda menemui banyak kekurangan dan masalah pada mobil seperti body yang berkarat, mesin yang tidak terdengar halus, transmisi bermasalah dan lain sebagainya, disarankan untuk mencari mobil bekas lainnya. 
8. Fitur entertainment
Meskipun bekas, mobil keluaran tahun 2000-an akhir biasanya sudah memiliki kelengkapan fitur entertainment seperti televisi portable, pemutar CD, colokan USB port, Air Conditioner (AC) dan lain sebagainya. Jika Anda mendapatkan fitur-fitur ini, tentunya bisa menjadi nilai plus bagi mobil terebut.
9. Plafon dan kabin
Ceklah terlebih dahulu bagian plafon dan kabinnya. Pastikan kedua hal tersebut benar-benar masih dalam keadaan yang baik dan berfungsi secara maksimal. Terlebih lagi pada bagian plafon karena apabila plafon sudah tipis atau rusak, maka suhu didalam mobil bisa sangat panas pada siang hari.
10. Perkakas
Jangan lupa untuk menanyakan kepada penjualnya perkakas apa saja yang mungkin dijual bersama dengan mobil tersebut. Mobil bekas yang dilengkapi dengan perlengkapan perkakas standar seperti obeng, senter, dongkrak, APAR, kotak P3K tentu akan sangat baik apabila tersedia. Selain itu Anda juga dapat sedikit menghemat uang karena tak perlu lagi mampir untuk membeli perkakas di toko peralatan mobil.

11. Surat-surat kendaraan
Pastikan jika mobil bekas yang hendak Anda beli memiliki dokumen serta surat-surat kendaraan yang lengkap dan asli. Selain itu, pajak kendaraan juga sebaiknya yang masih berlaku supaya Anda terhindar dari kesulitan saat mengurus administrasi kendaraan maupun saat memutuskan untuk melakukan mutasi atau balik nama atas nama Anda sendiri.
Nah, itu tadi Tips Membeli Mobil Bekas yang Masih Bagus dan Terawat yang mungkin bisa Anda coba praktekan. Selamat memilih dan semoga Anda puas dengan mobil pilihan Anda nanti. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Membeli Mobil Bekas yang Masih Bagus dan Terawat"

Post a Comment