Cara Mengatasi Karburator Banjir Dengan Mudah

Cara Mengatasi Karburator Banjir Dengan MudahWalaupun di era modern ini hampir semua sepeda motor produk terbaru telah menggunakan sistem injeksi, namun masih banyak pengguna sepeda motor yang motornya masih menggunakan sistem karburator

Karburator pada sepeda motor sendiri berfungsi untuk memberikan asupan bahan bakar motor ke dalam silinder. Namun, jika usia karburator sudah tua, sering sekali timbul beberapa masalah pada karburator. 

Salah satu masalah yang sering dialami adalah karburator yang banjir atau bensin yang ada di dalamnya meluap. Lantas apa yang menyebabkan karburator banjir? Simak ulasanya berikut :

Penyebab karburator motor banjir adalah needle valve yang tidak menutup secara sempurna. Di bagian bawah karburator terdapat sebuah ruang pelampung yang digunakan untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya terdapat sebuah pelampung yang terhubung langsung dengan needle valve. 

needle valve karburator

Needle valve ini memiliki fungsi sebagai katup untuk menutup dan membuka aliran bensin dari tangki ke dalam karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka needle valve akan membuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan pada saat ruang pelampung sudah terisi penuh oleh bensin, maka needle valve akan menutup saluran tersebut. Nah, jadi jika pada saat ruang pelampung sudah penuh namun needle valve tidak menutup secara sempurna maka yang akan terjadi adalah bensin akan meluap atau disebut karburator banjir.


Mengatasi karburator yang banjir sebenarnya cukup mudah dilakukan. Pertama lepas karburator dari silinder head dan dengan melepas kedua bautnya diikuti melepas kabel gas dan kabel cuk gas. 

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Namun sebelum itu jika anda masih menggunakan filter udara standar lepas terlebih dahulu filter tersebut agar memudahkan dalam melepas karburator. Setelah karburator terlepas dilanjutkan dengan membongkarnya dengan cara melepas keempat baut yang ada dibagian bawah. 

Jika sudah bukalah ruang pelampung maka akan terlihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastik. Lepaskan pelampung tersebut dengan cara menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama dengan needle valve.

Selanjutnya adalah melakukan sedikit penyetelan dengan cara membengkokan keatas (sedikit saja) logam yang digunakan untuk dudukan needle valve. Jika sudah pasanglah kembali pelampung beserta needle valvenya dan lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk bensin, dan gerakan pelampung keatas dan kebawah. 

Pastikan bahwa ketika pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve dapat menutup penuh. Jika belum pas, lakukan penyetelan ulang lagi.


Sekian tadi cara mengatasi karburator banjir dengan mudah, silahkan Anda praktekan sendiri. Namun jikia dengan cara diatas karburator masih banjir, sebaiknya Anda membawa motor Anda ke bengkel kesayangan Anda.

0 Response to "Cara Mengatasi Karburator Banjir Dengan Mudah"

Post a Comment