Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Perjalanan Anda Aman

Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Perjalanan Anda Menyenangkan - Angka kecelakaan lalu lintas arus mudik maupun arus balik pada tahun-tahun sebelumnya bisa dikatakan sangat banyak. Namun kenyatanya hal tersebut tidak membuat para pengendara sepeda motor jera dan berhati-hati. Demi berkumpul dengan keluarga besar saat lebaran, mereka memilih untuk mudik menggunakan motor meski harus mempertaruhkan nyawa. Kecelakaan sepeda motor sebenarnya tidak hanya kerap terjadi saat arus mudik atau balik saja. Melakukan perjalanan jauh seperti touring juga sering terjadi kecelakaan di jalan raya.


tips berkendara motor


Penyebab utama terjadinya kecelakaan sepeda motor pada umumnya disebabkan tidak mampunya pengendara dalam menguasai kendaraan miliknya. Mengendarai motor memiliki resiko kecelakaan lebih besar dibanding mengendarai mobil. Bahkan, kematian akibat kecelakaan lalu lintas lebih banyak dialami oleh pengendara motor. Hal ini dikarenakan kecelakaan motor akan berdampak langsung pada pengendara. Berbeda dengan mobil karena terlindungi oleh body mobil, apalagi adanya fitur-fitur keselamatan seperti air bag dan sebagainya. Ketika anda memilih untuk menggunakan motor untuk mudik pada tahun ini, tentu anda harus meningkatkan konsentrasi anda saat dalam perjalanan dan jangan lengah sedikitpun. Berikut kami sajikan beberapa tips berkendara motor jarak jauh agar tetap aman dan selamat sampai tujuan :
  • Sebelum memulai perjalanan lakukan terlebih dahulu manajemen perjalanan. Seperti mentukan rute yang ingin anda lalui, kalau bisa cari rute yang tidak padat kendaraan.
  • Pastikan sepeda motor yang ingin anda gunakan benar-benar fit/siap jalan. Cek semua bagian kendaraan seperti lampu, klakson, ban, kondisi mesin, rantai dan yang tak kalah pentingadalah rem Anda.
  • Pakailah pakaian berkendara yang safety seperti helm full face, body protector bagian lutut dan siku, sepatu, dan jaket yang melindungi dari terpaan angin.
  • Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan. Agar tetap aman bawalah barang bawaan yang sesuai dengan daya angkut motor Anda. 
  • Agar badan tetap fit selama perjalanan berlangsung, sebaiknya istirahat setiap 4 jam sekali. Beristirahalah kurang lebih selama 30 menit. Setelah badan dirasa sudah tidak pegal-pegal dan kembali fit anda bisa melanjutkan perajalanan.

Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah dan Aman

Demikianlah Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Perjalanan Anda Aman. Namun, alangkah lebih baik saat akan mudik lebih baik menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta karena tentu akan lebih aman. Hal akan menurunkan tingkat kecelakaan saat arus mudik/ balik yang tinggi.

0 Response to "Tips Berkendara Motor Jarak Jauh Agar Perjalanan Anda Aman"

Post a Comment