Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah dan Aman

Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah dan Aman - Aki merupakan salah satu komponen motor yang cukup penting. aki sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu aki kering dan aki basah, setiap aki memiliki masa umur penggunaan yang berbeda beda. Nah, apabila aki Anda soak baik itu aki basah atau aki kering, jangan terburu-buru membuang ke tempat sampah. Selain dapat meracuni lingkungan mengingat timbal dari sel aki sangat berbahaya bagi ekosistem lingkungan, siapa tau aki Anda masih bisa diperbaiki dan siap digunakan kembali tanpa perlu beli aki baru.

aki kering


Tips dibawah ini bisa Anda terapkan pada aki kering sepeda motor anda yang sudah mulai soak atau mati. Kesel juga bila mau berangkat kerja eh motor yang biasanya sekali pencet double starter langsung bisa menyala, tiba-tiba saja tidak bisa hidup lagi.Banyak yang bilang bila aki kering yang sudah rusak harus ganti yang baru. Namun kenyataanya ada beberapa tips yang bisa anda coba sebelum Anda membuangnya dan beli baru. Berikut ini tipsnya :

Bahan baku yang diperlukan :
  • Accu Zuur, jangan sampai salah beli
  • Suntikan bekas tinta/lainya
Langkah-langkah membersihkan aki :
  1. Ambil/copot dulu aki kering yang ada di box sepeda motor. Perlu kamu ingat susunan kabel-kabelnya.
  2. Buka tutup aki, biasanya ada 3 buah lubang dengan penutup dari karet.
  3. Isikan Accu Zuur tadi kedalam aki kering kira-kira sampai 1 cm dari mulut lubang akiaki kering
  4. Tutup rapat-rapat kembali lubang aki,pasang ke box motor kamu dan pasangkan kembali kabel-kabelnya, jangan sampai salah.
  5. Setelah semuanya terpasang rapi coba nyalakan motor sekitar 15 menit sekiranya sampai mengisi.
 

Aki kering bawaan sepeda motor yang masih original masa hidupnya sekitar 3-5 tahun dan bila mati lalu di isi ulang kembali, biasanya memang sudah aus/hanya bisa untuk lampu saja. Namun untuk aki kering yang bukan bawaan sepeda motor yang kita beli di toko-toko masih sangat mungkin untuk bisa di perbaiki karena biasanya aki ini bertahan 1-2 tahun dari pembelian jadi kualitas elemennya masih bagus.
Nah, itu tadi Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah dan Aman, semoga Anda berhasil mencobanya dirumah.Namun jika dengan cara diatas tetap tidak bekerja, mungkin sudah saatnya Anda mengganti aki Anda dengan yang baru. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah dan Aman"

Post a Comment