Tips dan Cara Mengendarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula Dengan Mudah

Tips dan Cara Mengendarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula Dengan Mudah - Belajar mengendarai sepeda motor dengan kopling manual bagi pemula bukanlah merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, hanya saja anda dituntut untuk lebih berani mencobanya. 

Bagi anda yang memang belum bisa mengendarai sepeda motor yang menggunakan kopling manual tetapi anda ingin belajar mengendarainya, disini kami berbagi tips dan cara mudah mengendarai sepeda motor menggunakan kopling manual bagi pemula. 

Sebelum kita ke tips cara mengendarai motor menggunakan kopling manual sebaiknya kita terlebih dulu mengenal apa itu kopling otomatis atau kopling manual pada sepeda motor. Pada dasarnya, kopling manual dan otomatis fungsinya sama yaitu memutuskan sambungan putaran dari mesin ke roda motor. Jika kopling otomatis seperti di motor-motor bebek hampir semua orang lebih mudah mengoperasikannya karena tidak perlu menekan tuas kopling tinggal di pengaturan gas saja. 

Untuk motor yang menggunakan kopling manual ini beda cara mengendarainya. Anda harus lebih pas dalam melakukan penekanan tuas kopling ketika akan menekan handel gigi lalu menjalankan motornya.

Perlu anda diperhatikan pada sistem transmisi di motor menggunakan kopling manual bawaan pabrik disini beda cara menekan handel giginya, jika motor bebek biasa untuk memasukkan gigi kita hanya menekan kedepan kira-kira begini susunannya N-1-2-3-4. 

Namun, sistem transmisi di motor menggunakan kopling manual kita hanya menekan sekali kedepan lalu kebelakang seterusnya kira-kira begini susunannya 1-N-2-3-4-5.

motor kopling

Sekarang pertanyaannya, kira-kira apakah anda sudah siap untuk mengendarai sepeda motor yang menggunakan kopling manual? Jika anda merasa sudah siap disini kami akan memberikan tips sederhana untuk mengendarai sepeda motor yang menggunakan kopling manual.

Berikut ini Tips dan Cara Mengendarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula Dengan Mudah :

Langkah pertama adalah persiapkan mental anda, jika mental anda berani silahkan lanjutkan membaca untuk mencoba belajar mengendarai sepeda motor kopling manual.

Jika mental anda sudah siap silahkan pahami proses penekanan tuas kopling dan penekanan handel gigi pada motor. Jika anda sudah paham proses dan waktu penekanan tuas kopling dan handel kopling silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya.
 
Silahkan anda naik diatas motor dengan posisi badan dan tangan harus lebih tenang serta konsentrasi penuh. Kemudian silahkan putar kunci kontak dari OFF ke posisi ON. Dan pastikan posisi transmisi dalam keadaan NETRAL ini biasanya ditandai dengan lampu indikator berwana hijau.

Lalu tekanlah tombol starter sampai mesin motor menyala, dilangkah ini anda harus tetap tenang dan konsentrasi penuh. Kemudian mulailah untuk menekan tuas kopling yang berada di sebelah tangan kiri anda, dengan tuas kopling dalam keadaan anda tekan silahkan tekan handel transmisi ke arah depan untuk masuk ke gigi 1 menggunakan kaki kiri anda. 

Sekarang mulai melepas tuas kopling secara pelan di barengi dengan menarik handel gas secara perlahan dan motor anda mulai berjalan secara perlahan. Nb : pada posisi ini anda jangan pernah melepas tuas kopling secara spontan, hal ini akan memicu motor anda melompat atau mesinnya mati. Jika motor anda sudah berjalan silahkan lepaskan tuas kopling anda secara penuh dan anda harus tetap siaga dengan keadaan di depan serta tangan kanan dan kaki kanan anda juga siap pada handel rem anda.


Langkah selanjutnya melakukan pergantian transmisi dari 1 ke 2 ini dilakukan kira-kira perjalanan motor anda sudah lebih tenang. Silahkan tekan tuas kopling motor menggunakan tangan kiri anda lalu tekan handel gigi ke arah belakang menggunakan kaki kiri anda. Untuk perpindahan transmisi selanjutnya sama dengan masukkan gigi 2, jika anda berhasil masukkan gigi 2 maka besar kemungkinan perpindahan gigi selanjutnya lebih mudah.

Sekarang adalah proses pemberhentian motor. Agar anda bisa berhenti lebih sempurna, langkah pertama adalah melakukan mengurangi gigi kalau sekarang posisi gigi 2 silakan over ke 1 dengan cara tekan tuas kopling lalu tekan handel gigi kearah depan hal ini juga dibarengi dengan mengecilkan atau mengulur handel gas. Kalau posisi transmisi sudah gigi 1 lagi silahkan mulai menekan tuas rem menggunakan tangan kanan dan handel rem menggunakan kaki kiri anda. Pada Posisi ini juga jangan pernah melepas spontan tuas kopling karena transmisi motor anda masih dalam keadaan gigi 1. Tekan terus tuas kopling sebelum sistem transimisi motor anda netral kembali.

Langkah selanjutnya adalah kembalikan transmisi motor ke posisi netral. Dengan tetap menekan tuas kopling silahkan tekan handel gigi hanya dengan setengah tekanan atau injakan. Dan pastikan kalau tansmisi motor anda sudah benar-benar kembali netral, ini biasanya ditandai dengan lampu indikator berwarna hijau. Jika sudah netral, silahkan matikan kembali kunci kotak anda dari ON ke posisi OFF. 
 
Sekian tadi Tips dan Cara Mengendarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula silahkan anda mencoba dan mencoba sampai anda mahir menggunakan sepeda motor kopling manual. Semoga bermanfaat
 

0 Response to "Tips dan Cara Mengendarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula Dengan Mudah"

Post a Comment